Profil PMI Bukittinggi

Foto saya
Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia

Kamis, 02 November 2017

Teknik Penyelamatan Vertical Rescue

Donny Surya Lesmana Instruktur Vertical Rescue Pmi Kota Bukittinggi


Vertical Rescue adalah bagian dari operasi SAR dengan Teknik Evakuasi (memindahkan ke lokasi yang lebih aman) dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya, pada medan yang curam atau terjal baik kering maupun basah.

             Aplikasi Vertical Rescue selain digunakan dalam Rock Climbing dan Caving, juga digunakan oleh para pekerja tambang, pekerja ketinggian, pemadam kebakaran dan pastinya digunakan oleh kalangan Militer untuk kebutuhan-kebutuhan taktis
Materi Vertical Rescue.
Dalam Vertical Rescue, materi atau teknik yang harus dipelajari meliputi 2 hal utama yaitu,Teknik Penjangkauan korban dan Teknik Evakuasi korban.
Ada 3 Teknik Penjangkauan Korban, Yang pertama Leading (Perintisan) Teknik penjangkauan korban dengan cara pemanjatan perintisan dari titik di bawah posisi objek atau korban berada. Teknik ini dilakukan oleh Leader dengan memasang pengaman pada titik-titik tertentu.
                Yang kedua traversing (Perintisan Menyamping) yaitu teknik penjangkauan korban yang dilakukan dengan cara menyamping, dimana tim evakuasi berada dalam titik sejajar dengan posisi  korban berada. Tekniknya hampir sama dengan Leading.
    Terus yang ketiga Abseiling (Rapeling atau Descending) yaitu teknik penjangkauan jika posisi korban berada di bawah posisi tim evakuasi. Misalnya, jika korban atau objek berada dalam jurang, lubang, atau lain sebagainya.
Teknik Evakuasi Dalam Vertical Rescue  seperti Hauli, Teknik Vertical Rescue Evacuation yang dilakukan dengan cara memindahkan korban dari posisinya ke titik atau tempat yang lebih tingi. Proses pemindahan ini dilakukan dengan menggunakan System (Hauling System) sebagai upaya untuk mengurangi berat objek atau korban saat dilakukan penarikan ke atas. Objek atau korban dapat dinaikkan dengan atau tanpa menggunakan Stretcher (tandu).
Penyelamatan Dari Gedung Bertingkat
            Lowering yaitu kebalikan dari Hauling, dimana teknik ini dilakukan dengan cara menurunkan korban ke titik yang lebih rendah. Korban dapat ditunkan dengan atau tanpa menggunakan Stretcher (tandu).
          
           Suspension teknik pemindahan korban dengan cara diseberangkan baik ke titik tempat uang lebih tinggi, sejajar, maupun lebih rendah dari posisi korban berada. Teknik ini merupakan alternatif terakhir, karena teknik ini akan memakan waktu cukup lama.
Anchoring pada Vertical Rescue selain hal tersebut di atas, dalam vertical rescue diperlukan pemahaman tentang pemasangan anchor baik pada media keras (tebing, batu, tembok, tiang, pohon dll) maupun pada media lunak (pasir, tanah, lumpur, salju dll). Jadi dalam medan apapun, di daerah berpasir atau tanah yang lembek sekalipun, bisa dilakukan pemasangan anchor yang dapat digunakan untuk mengikat tambatan.
Korban Pada Titik Lebih Aman
Peralatan spesifik dalam Vertical Rescue peralatan yang digunakan pada umumnya sama dengan peralatan dan perlengkapan dalam Rock Climbing, ditambah dengan peralatan khusus yang lebih spesifik seperti , Stretcher , tandu.
Vertical-rescue-stretcherTripod  merupakan tiang berkaki tiga yang digunakan untuk mengangkat sistem dan juga digunakan untuk melakukan evakuasi dari dalam lubang.
Tripod vertical rescueQuick Release yaitu  Alat bantu untuk mempermudah proses melepas korban dari lintasan dalam keadaan tebebani.
Quick ReleaseSwivel  Alat yang digunakan untuk mengurangi putaran pada lintasan utama yang digunakan terutama pada evakuasi dengan helikopter.
Swivel Vertical RescueDead Man, Dead Boy, Ice Picket, Bollard. Anchoring yang digunakan pada media lunak seperti pasir, tanah, lumpur, permukaan es atau salju.
Dead Man, Dead Boy, Ice Picket, BollardRotary Hammer Drill : Bor tangan yang menggunakan Battery untuk mempercepat proses pemasangan Rock Bolt. alat ini juga bisa digunakan untuk membobol permukaan tembok atau beton.
             Rotary Hammer DrillPulley : alat ini sama fungsinya dengan katrol, dan digunakan dalam Hauling   System dan juga digunakan dalam SuspensionPulley.(pmibkt-pj.com)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar