Profil PMI Bukittinggi

Foto saya
Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia

Kamis, 03 Mei 2018

KAJI BANDING Pengurus PMI Kabupaten Barito Timur Ke PMI Kota Bukitinggi

Foto Bersama Pengurus PMI Kabupaten Barito Dengan Wakil Walikota Bukittinggi


BUKITTINGGI-Rombongan PMI Kabupaten Barito Timur Propinsi Kalimantan Tengah yang dipimpin H.Suriansyah, SKM Plt Bupati Kabupaten Barito Timur yang juga sebagai Ketua PMI Kabupaten Barito Timur, dan didampingi Ir.Eskop,MAP Sekertaris Daerah Kabupaten Barito Timur, yang sebagai Ketua Badan Kehormatan PMI Kabupaten Barito Timur serta pengurus PMI Kabupaten Barito Timur, Kamis (3/4) mengunjungi Kota Bukittinggi dan markas PMI Kota Bukittinggi.


Kedatangan rombongan ini sebanyak 20 orang terdiri dari pengurus PMI Kabupaten Barito Timur dan bagian Pemerintahan Kabupaten Barito Timur ke kantor Balaikota Bukittinggi yang didampingi pengurus serta staf PMI Kota Bukittinggi diterima Wakil Walikota Bukittinggi, H.Irwandi dan Kepala Dinas Kesehatan di TUP kantor Balaikota Bukittinggi.

Kaji Banding Dan Perkenalan Pengurus PMI Barito

Dalam sambutannya Wakil Walikota Bukittinggi mengucapkan selamat datang ke Kota Bukittinggi yang mempunyai iklim sejuk dan banyak memiliki objek wisata, Wakil Walikota Bukittinggi mengutarakan keberadaan tentang Kota Bukittinggi, dan juga masalah pariwisata sebagai ikon Kota Bukittinggi. Di Kota Bukittinggi sendiri ada yang namanya Jam Gadang, ini hanya terdapat 2 di dunia, yang satu lagi di negara Inggris.

Objek wisata lainnya seperti Ngarai Sianok yang mempunyai alam asri dan akan dijadikan Geopark oleh Unesco, lalu lubang Japang (lobang Jepang), panorama dan objek wisata lainnya. Kota Bukittinggi sebagai kota perjuangan karena dahulu pernah menjadi ibukota Republik Indonesia, tempat tinggalnya Bung Hatta Wakil Presiden RI pertama, maka dari itu Kota Bukittinggi sebagai Kota Heritage (kota bersejarah).

Mengenai kegiatan-kegiatan PMI Kota Bukittinggi, relawan-relawan selalu aktif dalam segala kegiatan membantu dan menolong untuk kemanusiaan, seperti adanya banjir, kebakaran, musibah alam dan pertolongan lainnya. Dalam arti kata PMI Kota Bukittinggi sigap dalam memberikan pertolongan kemanusiaan. Untuk transfusi darah, unit kendaraan transfusi darah selalu aktif di hari Rabu dan Sabtu begitu juga hari Minggu untuk memeriksa kesehatan gratis dan menerima pendonor darah.

Sementara itu H.Suriansyah mengatakan berkenan dengan keberadaan PMI Barito Timur masih relatif baru dan kepengurusan kami saat ini adalah baru kepengurusan periode kedua yaitu tahun 2016-2021. Dalam keberadaan PMI dimaksud kami masih memiliki banyak keterbatasan terutama dalam kelengkapan sarana dan prasarana penunjang, seperti gedung kantor atau markas PMI yang permanen masih belum terbangun, demikian juga sarana pelayanan dan penunjang lainnya.

Foto Bersama
Kegiatan PMI yang telah kami lakukan sampai saat ini cukup aktif dalam membantu masyarakatyang mengalami musibah, seperti bencana kabut asap, bencana banjir, kebakaran, kecelakaan lalu lintas, pembagian masker, kegiatan dono darah, dan melaksanakan seminar-seminar serta pembinaan PMR.
Kami melaksanakan program studi orientasi atau pembelajaran kepada PMI Kota Bukittinggi yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam berbagai bidang kepalangmerahan khususnya dalam penanggulangan bencana, itulah yang menjadi tujuan utama kunjungan kedatangan ke PI Kota Bukittinggi. Kami ingin belajar banyak tentang pengelolaan kepalangmerahan ini, seperti dalam bidang manajemen, organisasi PMI, Sumber Daya Manusia (SDM), bidang sarana dan prasarana serta pengembangan PMI kedepan yang lebih profesional, pungkas H.Suriansyah.(PMI_BKT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar